Modul 1 Percobaan 6

Percobaan VI

Switch dan LCD

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkailah seperti rangkaian berikut
  • Buka Arduino IDE dan masukan listing program
  • Upload program ke arduino
  • Variasikan tombol yang ditekan dan amati keluarannya pada LCD

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

Gambar 1. Rangkaian Hardware


Diagram Blok:





Prinsip Kerja: 
    Pada percobaan kali ini yang dimana menggunakan Switch SPDT sebagai pengaturan inputnya dan LCD yang akan menampilkan output dari arduino uno, yang dimana masing-masing dari Switch SPDT telah di berikan input berupa nama warna-warna sesuai dengan warna dari Switch tersebut. Apabila di tekan salah satu Switch maka outputnya akan tertampil pada LCD berupa nama warna dari Switch yang ditekan.


4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Flowchart:

Flowchart Program




Listing Program:

#include <LiquidCrystal.h>
#define PB1 A0
#define PB2 A1
#define PB3 A2
#define PB4 A3
#define PB5 A4
#define PB6 A5
#define PB7 12
#define PB8 13

const int rs = 11, en = 10, d4 = 6, d5 = 5, d6 = 4, d7 = 3;
LiquidCrystal lcd(rs, en, d4, d5, d6, d7);

bool Button1,Button2,Button3,Button4,Button5,Button6,Button7,Button8;

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  lcd.begin(16,2);

  pinMode(PB1, INPUT);
  pinMode(PB2, INPUT);
  pinMode(PB3, INPUT);
  pinMode(PB4, INPUT);
  pinMode(PB5, INPUT);
  pinMode(PB6, INPUT);
  pinMode(PB7, INPUT);
  pinMode(PB8, INPUT);

}

void loop() {

  Button1 = digitalRead(PB1);
  Button2 = digitalRead(PB2);
  Button3 = digitalRead(PB3);
  Button4 = digitalRead(PB4);
  Button5 = digitalRead(PB5);
  Button6 = digitalRead(PB6);
  Button7 = digitalRead(PB7);
  Button8 = digitalRead(PB8); 

  if(Button1==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Merah");
  }
  else if(Button2==HIGH & Button1==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Kuning");
  }
  else if(Button3==HIGH & Button2==LOW & Button1==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Hijau");
  }
  else if(Button4==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button1==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Biru");
  }
  else if(Button5==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button1==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Merah");
  }
  else if(Button6==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button1==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Hijau");
  }
  else if(Button7==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button1==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Biru");
  }
  else if(Button8==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button1==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Putih");
  }
  else if(Button1==LOW & Button2==LOW & Button3==LOW & Button5==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0, 0);
  lcd.print("Silahkan Tekan");
  lcd.setCursor(0, 1);
  lcd.print("Salah Satu SW");
  }
  else{
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Error");
  }
  delay(100); // Tambahkan penundaan agar tampilan tidak berubah terlalu cepat
}

6. Kondisi [Kembali]

    Ketika Switch SPDT ditekan akan dibaca oleh Arduino dan, arduino akan memberikan perintah untuk menampilkan hasil tersebut pada LCD

᭒ HTML↠ klik disini
᭒ Simulasi ↠ klik disini
Gambar Hardware ↠ klik disini
᭒ Gambar Simulasi ↠ klik disini
Video Demo ↠ klik disini
᭒ Video Simulasi ↠ klik disini
᭒ Listring Program ↠ klik disini



Comments

Popular posts from this blog

Kontrol Garasi

Modul 1 Gerbang Logika Dasar dan Monostable Multivibrator

Modul 2 Flip Flop